RSS

10 Negara Kepulauan Terbesar di Dunia


1. Indonesia

Republik Indonesia disingkat RI atau Indonesia adalah negara di Asia Tenggara, yang dilintasi garis khatulistiwa dan berada di antara benua Asia dan Australia serta antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 17.508 pulau, oleh karena itu ia disebut juga sebagai Nusantara (Kepulauan Antara).Luas wilayah indonesia mencapai 1.904.569 km².

Daerah Khusus Ibukota Jakarta (DKI Jakarta, Jakarta Raya) adalah ibu kota negara Indonesia. Jakarta merupakan satu-satunya kota di Indonesia yang memiliki status setingkat provinsi. Jakarta terletak di bagian barat laut Pulau Jawa. Dahulu pernah dikenal dengan nama Sunda Kelapa.

Indonesia memiliki banyak sekali tempat indah yang bisa dikunjungi,Pantai dan pegunungan banyak tersebar diseluruh wilayah Indonesia, selain itu hutan hujan yang masih hijau pun terdapat di negeri yang indah ini.

 Gambaran Indonesia

Gambaran Indonesia

Gambaran Indonesia

2. Madagaskar

Republik Madagaskar adalah sebuah negara pulau di Samudra Hindia, lepas pesisir timur Afrika. Pulau Madagaskar adalah pulau terbesar keempat di dunia. Selain pulau utama, beberapa pulau kecil di sekitarnya juga menjadi klaim republik ini, yaitu Pulau Juan de Nova, Pulau Europa, Kepulauan Glorioso, Pulau Tromelin Island, dan Bassas da India. Walaupun secara geografis berdekatan dengan Afrika, sejarah geologi, biologi, dan demografi Madagaskar berbeda dengan wilayah daratan utama benua itu.
luas wilayah Madagaskar mencapai 587.041 km².

Antananarivo adalah ibu kota dan kota terbesar di Madagaskar. Dia terletak di bagian tengah negara pulau tersebut.

Di Madagaskar terdapat sebuah tempat yang indah dan langka yaitu Kota Batu Kapur. Barisan-barisan puncak batu kapur ini terletak di Madagscar bagian barat. Viewnya mirip blok-blok di kota padat. Disamping keanehan kota batunya, di lokasi ini juga terdapat jenis-jenis hewan yang aneh dan langka.

3. Papua Nugini

Papua Nugini atau Papua Guinea Baru adalah sebuah negara yang terletak di bagian timur Pulau Papua, Seluas 462,840 km² (178.704 mil²), Papua Nugini adalah negara terluas ke-54 di dunia.
Papua Nugini sebagian besar bergunung-gunung (puncak tertingginya adalah Gunung Wilhelm setinggi 4.509 meter; 14.793 [[kaki]) dan sebagian besarnya ditutupi hutan hujan tropis, seperti halnya juga wilayah lahan basah yang sangat luas di sekitaran sungai Sepik dan Fly. Papua Nugini dikelilingi oleh terumbu karang yang turut memeliharanya.
Port Moresby adalah ibu kota Papua Nugini dan terletak di pesisir Teluk Papua. Produksi lokal termasuk karet, emas dan kopra. Kota berpenduduk 193.242 jiwa

 Gambar Hutan di Papua Nugini

 Gambar Hutan di Papua Nugini

4. Jepang

Jepang adalah sebuah negara kepulauan di asia timur. Jepang terdiri dari 6.852 pulau yang membuatnya merupakan suatu kepulauan. Pulau-pulau utama dari utara ke selatan adalah Hokkaido, Honshu (pulau terbesar), Shikoku, dan Kyushu. Sekitar 97% wilayah daratan Jepang berada di keempat pulau terbesarnya.Luas wilayah Jepang mencapai 377.873 km².
Ibu kota Jepang adalah Tokyo. sekaligus daerah terpadat di Jepang, serta daerah metropolitan terbesar di dunia berdasarkan jumlah penduduknya.
Gambar Pohon Sakura

5. Filipina

Filipina adalah sebuah negara republik di Asia Tenggara, sebelah utara Indonesia dan Malaysia. Filipina merupakan sebuah negara kepulauan. Negara ini terdiri dari 7.107 pulau dengan luas total daratan diperkirakan 300.000 km². Filipina seringkali dianggap sebagai satu-satunya negara Asia Tenggara di mana pengaruh budaya Barat terasa sangat kuat.
Ibukota Filipina adalah Manila. Kota ini terletak di tepi timur Teluk Manila di pulau terbesar dan terutara 
Filipina, Luzon. Meskipun ada beberapa tempat kemiskinan, kota ini merupakan salah satu kota kosmopolitan dunia dan daerah metropolitannya merupakan pusat ekonomi, budaya, pendidikan dan industri negara ini. Manila sering disebut Mutiara Orient

Jika ingin liburan musim panas filipina merupakan tempat tujuan yang bagus, karena laut yang masih terjaga dan indah.

6. Selandia Baru

Selandia Baru yang dalam bahasa Maori disebut Aotearoa (artinya Tanah Awan Putih Panjang), adalah sebuah negara kepulauan di barat daya Samudra Pasifik di tenggara Australia. Negara ini terdiri dari dua pulau besar (Pulau Utara dan Pulau Selatan) dan beberapa pulau kecil lainnya. Luas wilayah Selandia Baru mencapai 270.534 km²
Ibukota Selandia Baru adalah Wellington
selain sebagai negara kepulauan Selandia Baru juga memiliki banyak wilayah dataran tinggi yang indah dengan bukitnya yang hijau.


7. Britania Raya

Britania Raya yang merupakan terjemahan dari bahasa Inggris Great Britain bisa dikatakan merupakan negara federal yang terdiri dari Inggris, Skotlandia dan Wales bersama-sama dengan Irlandia Utara. Keempat negara bagian ini membentuk negara yang disebut sebagai United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland.
Dari keempat negara bagian ini, Inggrislah yang paling penting sehingga di Indonesia negara ini disebut dengan nama ini meskipun ini hanyalah sebagian saja. Selain keempat negara bagian ini, Britania Raya juga memuat Pulau Man, Kepulauan Channel seperti Guernsey, Jersey, Alderney dan Sark. Daerah-daerah ini secara pemerintahan bukan bagian dari Britania Raya tetapi mungkin lebih tepat disebut sebagai jajahan meskipun jaraknya sungguh dekat.Luas wilayah Britania Raya mencapai 242.900 km²
dan untuk kota yang paling penting di Britania Raya adalah London.
karena terdiri dari empat negara Britania raya memiliki banyak keindahan. Untuk wilayah inggris kita akan sangat terpukau saat melihat arsitektur kota-kotanya
untuk wilayah Wales berada di dataran tinggi. Oleh karena itu kita perlu melihat keindahan alam pegunungannya
wilayah Irlandia Utara yang menyusun bagian timur laut irlandia adalah wilayah yang paling berbukit.Irlandia utara juga terkenal dangan Giant Causeway

8. Kuba

Republik Kuba terdiri atas Pulau Kuba (pulau terbesar di Kepulauan Antilles Besar), Pulau Pemuda dan beberapa pulau kecil di sekitarnya. Nama "Kuba" konon berasal dari sebuah kata dalam bahasa Taíno, cubanacán, yang berarti 'tempat yang sentral'.
Negara ini terletak di Karibia utara, pada pertemuan Laut Karibia, Teluk Meksiko dan Samudra Atlantik.Luas wilayah Kuba adalah 110.861 km², Dibanding Indonesia, luas Kuba masih lebih kecil dari Pulau Jawa
Ibukota dari Negara Kuba adalah Havana.


Karena letaknya di daerah perairan Karibia, bisa dipastikan Kuba memiliki daerah pantai dan laut dengan air yang jernih dan juga indah.
9. Islandia

Republik Islandia.juga biasa disebut Tanah Es adalah sebuah negara pulau di bagian utara Samudera Atlantik. Islandia terletak 300 kilometer di sebelah timur Greenland dan 1.000 kilometer dari Norwegia.Luas wilayah Islandia adalah 103.000 km²
Ibukota Islandia adalah Reykjavík. Kota ini memiliki penduduk sekitar 120.000 jiwa, atau sekitar setengah penduduk negara pulau ini.
Reykjavík pernah menjadi tempat perundingan antara Uni Soviet yang diwakili oleh Mikhail Gorbachev dan Amerika Serikat, yang diwakili oleh Ronald Reagan pada tahun 1986.

Keindahan alam di Islandia sangat kental dengan gunung es dan Gletsernya.

10. Irlandia

Irlandia adalah sebuah negara yang mencakup lima perenam Pulau Irlandia yang terletak di bagian barat laut Eropa. luasnya mencakup 70.273 km² atau 83% dari luas Pulau Irlandia di bagian selatan, dengan sisanya merupakan wilayah Irlandia Utara. Ibukota dari Irlandia adalah Dublin.

Irlandia memiliki keindahan yang sangat mengagumkan, terutama dengan ciri khas alamnya yang sangat hijau.

selain itu di Irlandia juga terdapat Dolmen Poulnabrone. Dolmen Poulnabrone adalah dolmen portal, yang konstruksi adalah suatu balok batu besar dengan berat 5 ton didukung pada kedua belah pihak dengan mengangkat batu. Keseluruhan struktur adalah 9 m dalam ruang penguburan yang masuk diserahkan ke timur. penggalian arkeologi tahun 1985 menunjukkan bahwa ada dimakamkan 16-22 orang dewasa dan 6 anak-anak termasuk barang pribadi almarhum. Ditemukan di sini seperti kapak batu, lampu gantung tulang, keramik, dan senjata.











0 komentar:

Poskan Komentar